14 Januari, 2011

Analisis Perbandingan Tentang Ilmu

Makalah yang ditampilkan dalam blog ini belum lengkap, hanya bagian besarnya saya sebagai gambaran buat saudara. Kalau bahan ini dapat membantu anda silahkan di download disini.

Pendahuluan
Dewasa ini ilmu sudah di ambang kemajuan yang mempengaruhi reproduksi dan penciptaan manusia. Ilmu bukan saja menimbulkan dehumanisasi, namun kemungkinan mengubah hakikat kemanusiaan atau dengan kata lain, ilmu bukan lagi merupakan sarana yang membantu manusia untuk mencapai tujuan hidupnya, namun juga menciptakan tujuan hidupnya.

Pengertian
Kata ontologi, epistimologi dan aksiologi, menurut bahasa berasal dari bahasa Yunani. Kata ontologi berasal dari kata "ontos" yang berarti "berada" , atau pengkajian tentang hakikat yang ada. Kata epistomologi berasa dari kata "epistime" yang berarti "pengetahuan" logos berarti "teori, uraian atau ulasan". Jadi epistemologi dapat diartikan tentang cara mengetahui yang ada. Dalam bahasa inggris dipergunakan istilah theory knoledge.


Pembahasan
A. Ontologi (hakikat) علم حقيقة
Dalam persoalan ontologi, orang menghadapi persoalan bagaimana menerangkan hakikat dari segala yang ada, misalnya dalam agama, ontologi memikirkan tentang Tuhan. Dari pengalaman manusia sehari-hari, ternyata bahwa melihat, mengukur dan menghukumkan tentang bagaimana keadaan sebenarnya dari suatu benda selama dikacaukan dua perkara:

B. Epistemologi
Dalam Teori epistemologi yang membahas secara mendalam segenap proses dalam usaha memperoleh pengetahuan, umumnya dikenal tiga hal yang menjadi sumber atau sarana terciptanya pengetahuan yaitu akal, indra dan intuisi, ketiga hal ini juga di akui oleh epistimologi al-Gazali. Hal tersebut lebih bersifat kegiatan dari pada suatu produk yang siap dikomsumsi.

C. Aksiologi
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering terlibat dalam pembicaraan nilai sesuatu, nilai perbuatan, nilai situasi dan nilai kondisi. Kita bisa melihat pemandangan yang indah, menyaksikan perilaku anak yang sopan terhadap orang tuanya, merasakan suasana lingkungan yang menyenangkan, merasakan kondisi badan sehat dan segar. Semua yang telah kita alami kita berikan nilai. Pemandangan alam dengan nilai indah, perilaku anak terhadap orang tuanya dengan nilai sopan, dan seterusnya.

Download disini Makalah lengkapnya.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan titip komentar anda..