15 April, 2012

Ngeblog dengan secangkir kopi

Sebelum berangkat kuliah - ngeblog dulu ditemani secangkir kopi panas, konon sepengetahuan saya bahwa kopi itu identik dengan kafein. sedangkan Kafein itu sendiri adalah senyawa kimia alkaloid yang mengambil alih reseptor adenosin (salah satu sel saraf dalam otak yang bisa membuat seseorang cepat tertidur) sehingga akan memacu produksi hormon adrenalin, dan akibatnya tidak merasa kantuk. lalu, adakah manfaat kopi itu?
Kopi sebagai pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit pada dosis kafein yang rendah, memunculkan perasaan segar, sedikit gembira, dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang menghasilkan energi ekstra. Di aspek lain, kopi juga mengandung zat antioksidan yang dapat membantu atau menangkal radikal-radikal bebas berbahaya bagi tubuh. Kopi yang diminum tidak harus kopi keras, kopi tanpa kafein pun (decaffein) juga memberikan zat antioksidan dalam jumlah yang sama. Selain bermanfaat ternyata kopi memiliki efek ketergantungan, sehingga jika tidak dikontrol dengan baik akan menimbulkan kerugian untuk diri sendiri.
Tapi ingat...
Meminum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan serangan stroke akibat kerusakan pada dinding pembuluh darah. Pada wanita hamil dapat meningkatkan denyut jantung, menyerang plasenta, masuk kedalam sirkulasi darah dan yang lebih parah bisa menyebabkan kematian.

Tapi minum kopi dalam jumlah yang sedang tidak membahayakan, malah bisa memberikan kita manfaat. Jumlah yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan titip komentar anda..