06 September, 2012

Goresan di Bulan Penuh Hikmah

Bagian Depan
Bulan Ramadhan 1433 H atau tahun 2012 M ini, ada tambahan kerja di siang harinya, tak seperti bulan puasa/Ramadhan sebelumnya. Kebetulan Masjid dekat rumah hampir rampung alias selesai pembangunannya, namun masih sangat polos. Maka kami dari remaja masjid Ar-Rahman Rai-Oi berinisiatif memberinya warna sedikit dengan nuansa-nuansa Islami.

Kaligrafi Islam, yang dalam juga sering disebut sebagai kaligrafi Arab, merupakan suatu seni artistik tulisan tangan, atau kaligrafi, serta meliputi hal penjilidan,  yang berkembang di negera-negera yang umumnya memiliki warisan budaya Islam.

Bentuk seni ini berdasarkan pada tulisan Arab, yang dalam waktu lama pernah digunakan oleh banyak umat Islam untuk menulis dalam bahasa masing-masing. Kaligrafi adalah seni yang dihormati di antara berbagai seni rupa Islam, karena merupakan alat utama untuk melestarikan Al-Qur'an. Penolakan penggambaran figuratif karena dapat mengarah pada penyembahan berhala, menyebabkan kaligrafi dan penggambaran abstrak menjadi bentuk utama ekspresi seni dalam berbagai budaya Islam, khususnya dalam konteks keagamaan.  Sebagai contoh, kaligrafi nama Tuhan diperkenankan sementara penggambaran figuratif Tuhan tidak diizinkan. Karya kaligrafi banyak dijadikan koleksi dan adalah hasil seni yang dihargai.

Mihrab

Bagian atas
Kami menggoresnya langsung pada tembok atau dinding dan digores dengan menggunakan tripleks. Kenapa tripleks?
Bagian depan dan samping
Kami gunakan tripleks, agar tidak mengganggu aktivitas jamaah masjid yang melakukan sholat jama'ah baik fardu maupun shalat sunnah tarwih saat itu.
Saat dikerjakan di rumah
Maaf, bagi panitia pembangunan atau renovasi masjid sekitar wilayah BIMA kota/kab. yang berminat silahkan hubungi di kediaman kami Desa Rai Oi Kec. Sape.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan titip komentar anda..